Sabtu, 19 Januari 2019

Pembinaan RR di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Temon


Di tengah terik matahari yang membakar, Kamis (17/1) siang, Ka Bidang Pengendalian Penduduk Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo Drs. Mardiya bersama Ka Seksi Pengendalian Penduduk dan Informasi Irawan Sarjuni, SST meluncur ke Balai Penyuluhan KB Kecamatan Temon guna melakukan pembinaan tentang pencatatan pelaporan  program KKBPK melalui aplikasi  Sisstem Informasi Keluarga (SIGA). Mereka disambut oleh Koordinator PKB Kecamatan Temon, Dra. Siti Sundari dan Penyuluh KB setempat Sumiyati, SE serta Tenaga Harian Lepas (THL) dari Balai Penyuluhan KB Kecamatan Temon.
Dalam arahannya, Drs. Mardiya menyatakan ketersediaan data yang valid, up to date dan dapat dipertanggungjawabkan menjadi kebutuhan yang mendesak sebagai bahan penentuan kebijakan serta evaluasi hasil pelaksanaan program agar lebih terukur. Data yang valid dan up to date menjadi syarat mutlak agar kebijakan pembangunan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang diambil pada tahun 2019 ini dapat lebih terarah dan tepat sasaran. Dengan demikian dalam pelaksanaannya program dan kegiatan yang diluncurkan akan benar-benar memiliki daya dongkrak terhadap kinerja atau capaian hasil serta bermanfaat bagi masyarakat.
Sementara Irawan Sarjuni, SST menyatakan pentingnya Penyuluh KB menyediakan seluruh data basis yang dibutuhkan dalam pengembangan program KKBPK, dan ini harus dientri dalam aplikasi SIGA. Data mendesak yang dibutuhkan antara lain data Pasangan Usia Subur (PUS) dan kesertaan KB nya, termasuk berdasarkan kelompok umur. Kemudian data klinik, data kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP), serta data kelompok kegiatan baik itu Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) maupun data Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R).
Atas dasar itu, Irawan Sarjuni menyarankan Penyuluh KB dengan dibantu THL segera merencanakan sekaligus melaksanakan tahapan untuk validasi data ini agar diawal Tri Wulan pertama ini data yang tersedia sudah benar-benar dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar