Rabu, 16 Januari 2019

Pembinaan Lengkap PKB Januari 2019


Bertempat di Ruang Pertemuan Dinas, Jalan Sugiman, Margosari, Pengasih sebanyak 45 Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dari 12 kecamatan mendapat pembinaan dari Ka Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas PMD Dalduk dan KB) Kabupaten Kulon Progo,  Sudarmanto, SIP, MSi dan Pejabat Eselon III dan IV Bidang Pengendalian Penduduk di bawah koordinasi Drs. Mardiya dan Bidang Keluarga Berencana dibawah koordinasi Siti Sholikhah, Am.Keb, SKM, MPH, Selasa (15/1). Pembinaan difokuskan pada masalah validasi data dan upaya untuk mencapai penghargaan Anugerah Kencana 
Dalam sambutannya Sudarmanto, SIP, MSi menyatakan bahwa dari sisi hasil kerja, di tahun 2018 hasilnya jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun 2017. Setidaknya dilihat dari capaian PB nya telah terjadi peningkatan capaian PB dari 39,20 persen menjadi 70,59 persen. Hal ini harus  diikuti dengan upaya validitas data agar hasil capaian baru tersebut memiliki kontribusi yang signifikan terhadap capaian Peserta KB Aktif. 
Selanjutnya, Ka Bidang Pengendalian Penduduk, Drs. Mardiya, menyampaikan materi tentang Anugerah Kencana yang pada dasarnya harus dicapai oleh Kabupaten Kulon Progo. Anugerah Kencana ini bila nantinya dapat dicapai, akan melengkapi capaian prestasi berupa Manggala Karya Kencana yang telah diterima oleh Bupati Kulon Progo pada tahun 2014 lalu yang diterimakan pada Puncak Acara Harganas XXI Tahun 2014 di Surabaya.
Sementara Ka Bidang Keluarga Berencana Siti Sholikhah menyampaikan materi tentang capaian Peserta KB Baru dan Aktif di Kabupaten Kulon Progo. Diharapkan Penyuluh KB memiliki catatan PUS dan Kesertaan KB serta alasan bila tidak menjadi peserta KB. Juga disampaikan tentang pelayanan KB MOP di RS Nyi Ageng Serang. 
Sedangkan Kasi Ketahanan Kesejahteraan Keluarga Rustopo, SKM, MPH dan Kasi Jaminan Kesertaan KB Hilda Pramudawardhani, SH  menyampaikan materi tentang terkait Kegiatan Tri Bina dan UPPKS serta PIK R dan BPJS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar