Jumat, 04 Januari 2019

Pembinaan Pada THL Balai Penyuluhan KB

Sebanyak 12 Tenaga Harian Lepas (THL) Pramusaji dan Keamanan dari 12 Balai Penyuluhan Keuarga Berencana se Kabupaten Kulon Progo yang didamping Penyuluh KB masing-masing, mendapat pembinaan dari pengelola Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Dinas PMD Dalduk dan KB, di Pendopo Komplek Embug Krapyak, Pantog Wetan Banjaroya, Kalibawang, Kamis (3/1). Pembinaan difokuskan pada ketugasan pokok masing-masing dalam rangka mendukung capaian kinerja program KKBPK di masing-masing kecamatan.
Sebelumnya Ka Bidang Keluarga Berencana Siti Sholikhah, AM Keb. SKM, MPH memberikan gambaran umum tentang program KKBPK yang menggarap 5 aspek, mulai Pendewasaan Usia Perkawinan, Pengaturan Kelahiran, Pembinaan Ketahanan Keluarga, Peningkatan Kesejahteraan Keluarga dan Pengelolaan Kependudukan. Juga memberikan informasi tentang OPD yang mengurusi program KKBPK di Tingkat Kabupaten yang pada intinya di kelola oleh Bidang KB dan Pengendalian Penduduk.
Ka Bidang Pengendalian Penduduk memberikan arahan terkait dengan masalah loyalitas, dedikasi, disiplin dan profesionalisme dalam bekerja. Intinya, meskipun berstatus sebagai THL, semua pengelola program KKBPK diminta ikhlas dalam bekerja, jujur, disiplin, dan selalu mengupgrade pengetahuan dan ketrampilannya agar dapat menyesuaikan tuntutan zaman. Jika ada kesulitan dalam bekerja, para THL diminta tidak segan-segan bertanya agar tidak melakukan kesalahan/ kekeliruan yang seharusnya tidak perlu terjadi. Juga harus rajin berdiskusi dengan Penyuluh KB untuk memperluas pengetahuan dan wawasannya.
Selanjutnya pembinaan teknis diberikan langsung oleh Ka Seksi Pengendalian Penduduk dan Informasi Irawan Sarjuni, SST, Ka Seksi Advokasi dan Penyuluhan Suparjiyah, SIP, serta Ka Seksi Jaminan Kesertaan KB Hilda Pramudawardhani, SH yang menyampaikan ketugasan THL terkait dengan seksi masing-masing. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar