Jumat, 18 Januari 2019

Dinas PMD Dalduk KB Dalami Aplikasi SIGA


Dalam rangka meningkatkan akurasi dan validitas data Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Dinas PMD Dalduk dan Keluarga yang diwakili Ka Bidang Pengendalian Penduduk Drs. Mardiya dan Ka Seksi Pengendalian Penduduk dan Informasi Irawan Sarjuni, SST melakukan pendalaman Aplikasi Sistem Informasi Keluarga (SIGA) berbasis Teknologi Informasi  dan Komunikasi (TIK) dengan Ka Sub Bid Data dan Informasi Perwakilan BKKBN DIY Dra. Niken Wijayanti, MA, Rabu (16/1).
Dalam acara yang diikuti staf Pengendalian Penduduk dan Informasi Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo, Rochman, tersebut, Drs. Mardiya mengungkapkan niat Kulon Progo untuk meningkatkan akurasi dan validitas data program KKBPK agar dapat digunakan sebagai bahan perencanaan dan evaluasi capaian program yang benar-benar dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena dapat dirunut hingga by name by address. Misalnya masalah PUS dan  kesertaan KB, dapat dirunut siapa namanya dan alamat detilnya di mana. Juga kontrasepsi apa yang digunakan, kapan mulai menggunakan hingga informasi apa penyebabnya bila tidak KB. Sudah barang tentu ada informasi yang akurat pula tentang umur isteri, umur suami, nama suami, berapa jumlah anaknya dan sebagainya.
Mengingat aplikasi SIGA agar dapat berfungsi optimal membutuhkan banyak data terkait dengan tempat pelayanan KB, hasil layanan KB dan kegiatan pendukungnya (BKB, BKR, BKL, UPPKS, PIK R) serta informasi keluarga/PUS lainnya, maka langkah awal yang harus disiapkan adalah menyiapkan data manual/laporan yang berkaitan dengan hal tersebut di atas untuk kemudian dapat dientri dalam aplikasi SIGA. 
untuk mewujudkan ini semua memang membutuhkan waktu, tapi itu harus dilakukan oleh Kulon Progo agar ke depan tidak ada keraguan atas validitas data yang dimiliki. Dan ini akan dapat dijadikan alat ukur yang efektif terhadap hasil kerja selama ini baik dalam pencapaian akseptor baru, akseptor aktif maupun hasil-hasil pembinaan terhadap kelompok kegiatan pendukung program KKBPK seperti BKB, BKR, BKL, PIK R maupun kelompok UPPKS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar